Senin, 25 Desember 2017

HOW TO SETTING MIKROTK SEBAGAI STASION (PTP)

 How to Settings Mikrotik Sebagai Station ( PTP )

Malam guys , malam-malam ini saya buat artikel Setting Mikrotik Sebagai Station ,keuntungannya kita seperti punya wifi sendiri :v gmna ? enak kan...  langsung aja ya baca sampe abis .

Alat dan Bahan :
1. Laptop
2. RB ( Router Board )
3. Kabel Lan
4. Wifi
5. Listrik

Waktu Pelaksanaan :
Untuk konfigurasi ini saya hanya membutuhkan waktu 3-7 Menit

Tahap Pelaksanaan :
Langsung praktek an bozz kalo ada bahan-bahan nya .

    Buatlah 2 wired DHCP dan Static

Static >
IP : 192.168.88.2 ( saya menggunakan IP default Router Board )
Netmask : 24
Gateway : 192.168.88.1

DHCP >
Methode : Automatic ( DHCP )



    Pastikan kalian sudah login di halaman awal winbox kalian



   Selanjutnya kita masukan IP nya , sebagai contoh saya memasukan ip default gateway di settingan static laptop saya 192.168.88.1




 Next kita aktifkan dahulu wlan nya ,



  Klik 2x pada wlan yang tadi kita aktifkan lalu akan muncul tampilan seperti ini , lalu mode > station > scan



    Akan muncul list wifi yang ingin kita sambungkan, di sini saya akan menyambungkan mikrotik saya ke wifi HOTSPOT BLC TELKOM 1 , interface pilih wlan1 > start > pilih wifi > connect



  Jika berhasil , SID akan berubah menjadi nama wifi yang kalian pilih tadi > apply > ok



    Lalu masuk ke tab IP > DHCP Client > klik tombol + > Interfaces pilih wlan1 > apply > ok




 Kita buat DHCP Server untuk ethernet 2 nya ,
    Pilih DHCP Setup


     Pilih ether2 > next



     Next



     Next



     Next



     Next



     Next



     Jika berhasil akan seperti gambar di bawah ini


    Masukan ke tab IP > DNS > masukan DNS nya 8.8.8.8 > lalu centang pada > Allow Remote Requests


    Lalu kita Setting NAT dengan cara masuk ke tab IP > Firewall > masuk ke tab NAT > lalu pilih tombol + > masukan out. Interfaces nya ether2


  Selanjutnya masuk ke tab Action > masukan Action nya Masquarade > apply > ok


    Lalu ganti wired kalian dari Static ke DHCP
    Lalu coba kalian Browser di google , jika gagal berarti ada kesalahan pada konfigurasi nya , coba di baca lagi , jika masih bingung silahkan tanyakan di komentar .

Sekian tutorial dari saya , semoga bermanfaat ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar